Biografi Elfonda "Once" Mekel

Elfonda Mekel atau yang populer dikenal dengan nama Once Dewa, lahir 21 Mei 1970. Once menjadi vokalis grup musik Dewa 19, yang dikomandani Ahmad Dhani, sejak vokalis sebelumnya, Ari Lasso dikeluarkan dari grup tersebut.

Sejak SMP, Once telah menyukai olah vokal dan bermusik. Selain menyanyi Once juga cukup menguasai berbagai alat musik antara lain piano, drum, dan gitar. Karier bermusiknya dimulai ketika ia diajak oleh adiknya untuk mengikuti festival antar-SMA di Jakarta yang diadakan oleh Cockpit enterprise.

Setamat dari SMA, Once menjadi vokalis sebuah band dan berkesempatan mengiringi penyanyi Ita Purnamasari. Once juga pernah bergabung dengan beberapa band antara lain Brawijaya dan Dimensi. Band-band ini lebih sering membawakan lagu penyanyi lain (cover version). Baru setelah bergabung dalam band Java Burns, yang kemudian berubah menjadi Bottoms Up (cikal bakal grup band Getah), Once membawakan lagu - lagu karya sendiri.

Pengalaman rekaman pertama Once adalah di awal tahun 1990-an sebagai vokalis dalam sebuah album kompilasi lagu pop dan pada tahun yang sama mengeluarkan mini album yang bertajuk "Seribu Angan" bersama Pay (BIP), Ronald (ex GIGI), dan Alm Andi Liani.

Selama tahun 1993 hingga 1997, Once berhenti bernyanyi karena ada gangguan pada pita suaranya. Waktu yang cukup lama itu dihabiskan Once untuk menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (lulus tahun 1996) dan bekerja di sebuah perusahaan konstruksi serta bergabung dalam proyek penelitian LIPI.

Baru pada 1998, Once mulai serius ke dunia musik, bersama Ahmad Dhani menggarap rekaman untuk film “Kuldesak” dan pada 1999, Ia resmi bergabung dengan Dewa 19.

Once menikah dengan Rietmadhanty Angelica Tauchid atau biasa dipanggil Ima, putri Henny Poerwonegoro, pada 20 Desember 2005. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang lahir pada 20 Oktober 2006.